29 April 2013 05:25

LKPP Gelar Management Training LPSE Pre Advance di Kabupaten Belitung
Tanjungpandan, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung mengadakan Management Training LPSE Pre Advance di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka peningkatan kapasitas personil LPSE. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 16 sampai dengan 17 April 2013 bertempat di Grand Hatika Hotel Belitung.
 
Bupati Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Drs. Arham Armuza, S.IP dalam sambutannya mengatakan melalui Management Training LPSE Pre Advance diharapkan agar E-Procurement yang diselenggarakan oleh LPSE diseluruh Indonesia, dapat mengedepankan prinsip-prinsip dasar dari sistem pengadaan barang/ jasa Pemerintah  secara elektronik yakni efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, transparansi, adil dan non diskriminasi, terbuka dan persaingan sehat, interoperabilitas, dan jaminan keamanan data, sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan sesuai dengan aturan dan hasil yang diperoleh bisa maksimal guna mendukung kemajuan pembangunan di Indonesia, khususnya di Daerah.

Peserta yang mengikuti kegiatan Management Training LPSE Pre Advance berasal dari 18 LPSE dari seluruh Indonesia yaitu LPSE Kabupaten Barito Timur, LPSE Kota Pangkalpinang, LPSE Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, LPSE Kabupaten Hulu Sungai Utara, LPSE Kabupaten Belitung Timur, LPSE Kota Tebing Tinggi, LPSE Kabupaten Kepulauan Anambas, LPSE PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), LPSE Kabupaten Bangka Selatan, LPSE Kabupaten Mukomuko, LPSE Institut Teknologi Bandung, LPSE Provinsi Sumatera Barat, LPSE Kota Padang Panjang, LPSE Kota Banjarmasin, LPSE Kabupaten Bangka Tengah, LPSE Kabupaten Murung Raya, LPSE Kementerian Perdagangan dan LPSE Kabupaten Bangka.

Pelatihan LPSE Pre Advance adalah serangkaian pelatihan yang materinya didesain dan  diperuntukkan untuk LPSE dengan lelang 0 sampai 200 Paket. Adapun materi yang disampaikan sebagai berikut: PP PSTE No.82 Tahun 2012; SOP dan SLA LPSE; RUP, Monev, e-Catalog, WBS; Regulasi Implementasi e-procurement (Perpres 70: terkait e-proc, Perka: LPSE, e-Tendering, SBD); Inaproc Service Bus, Regional Report & Aplikasi e-Monev; Pengelolaan Data Center TIA 942, Pengelolaan Lingkungan Sistem LPSE; Pengenalan OSD & Mekanisme Pre-Forensik Dokumen rhs; IT Service Management (20000): Awareness; dan Information Security Management system (27001). Nara sumber kegiatan Management Training LPSE Pre Advance berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

Pada kegiatan ini dilakukan penandatanganan dokumen Kesepakatan Tingkat layanan atau Service Level Agreement (SLA), antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dengan LPSE Kabupaten Belitung. Turut hadir pada acara pembukaan antara lain Wakil Ketua DPRD Kab. Belitung, Junaidi Haminte, S.IP; Ketua LPSE Kabupaten Belitung, Ir. Arpani; dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. (frk)