11 April 2015 12:58

LKPP Sosialisasikan e-Catalogue dan e-Purchasing di Kabupaten Belitung.
Tanjungpandan – Dalam rangka mengembangkan Sistem Pembelian Langsung Secara Elektronik Barang/Jasa Pemerintah menggunakan e-Catalogue dan e-Purchasing, Direktorat Pengembangan Sistem Katalog LKPP menggelar Sosialisasi dan Pelatihan e-Catalogue dan e-Purchasing pada tanggal 10-11 April 2015 bertempat di Ruang Sidang Pemkab. Belitung dengan peserta berasal dari instansi Pemerintah dan penyedia barang/jasa se-Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi Dan Pengembangan Sistem Informasi, Dr. Robin Asad Suryo, M.A. dalam sambutannya menyampaikan 2 (dua) hal terkait dengan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang Percepatan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, pertama bahwa K/L/D/I bisa mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) Tahun Anggaran berikutnya sebelum berakhirnya Tahun Anggaran berjalan dan yang kedua  penyelesaian proses PBJP paling lambat akhir bulan Maret Tahun Anggaran berjalan, khususnya untuk pengadaan jasa konstruksi yang penyelesaiannya dapat dilakukan dalam waktu 1 (satu) tahun.

Hari Pertama, peserta sosialisasi adalah perwakilan dari SKPD, LPSE dan ULP se-Provinsi Kep. Bangka Belitung. Antusias peserta terhadap acara sosialisasi dengan banyaknya peserta yang menyampaikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan pelaksanaan e-Purchasing barang/jasa pemerintah. Hari Kedua, peserta sosialisasi adalah penyedia barang/jasa se-Provinsi Kep. Bangka Belitung yang begerak dibidang pengadaan jasa konstruksi dan non-konstruksi (Gapensi, Gepeksindo, Gapeknas, Aspekindo, Askonas dan Inkindo), kendaraan bermotor, moubelair, bahan bangunan, dan elektronik.

Materi yang disampaikan mengenai Peraturan Presiden RI Nomor 4 Tahun 2015, Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2015, Proses Bisinis e-Catalogue dan e-Purchasing serta pelatihan tata cara pembelian langsung secara elektronik dengan e-Purchasing. Tema pada sosialisasi ini yaitu Efisiensi dorong realisasi anggaran belanja Pemerintah,  Partisipasi Pemerintah Daerah dan Penyedia Barang Jasa melalui e-Catalogue.

Pembukaan sosialisasi dihadiri oleh Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi Dan Pengembangan Sistem Informasi, Dr. Robin Asad Suryo, M.A., Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E., M.A.P., Ketua LPSE Kab. Belitung Drs. Jasagung Hariyadi, M.Si, dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab. Belitung.